Selasa 02 Nov 2021 13:31 WIB

7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Usai Meninggal

Tujuh amalan yang pahalanya bisa terus mengalir setelah meninggal dunia.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Kematian (ilustrasi)
Foto:

Sedangkan amalan yang dianggap paling cepat mendatangkan kebaikan adalah menjaga silaturrahim. Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah Saw bersabda,

أَسْرَعُ الْخَيْرِ ثَوَابًا الْبِرُّ وَصِلَةُ الرَّحِمِ، وَأَسْرَعُ الشَّرِّ عُقُوبَةً الْبَغْيُ وَقَطِيعَةُ الرَّحِم

“Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan adalah balasan  (pahala) orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahim, sedangkan yang paling cepat mendatang kan keburukan ialah balasan (siksaaan) bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan” (HR Ibnu Majah). 

Sementara itu, Dar Al-Ifta Mesir atau otoritas utama Mesir tentang fatwa agama (Islam) memperingatkan bahwa menghormati orang tua lebih besar dari jihad dan bisa membuat masuk surga jika merawat mereka di masa tua.

Banyak hadits Nabi yang telah mengajarkan untuk selalu menghormati orang tua. Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan Abdullah bin Mas’ud, ia berkata.

سَأَلْتُ النَّبِيَّ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ؟ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا، قَالَت: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ، قَالَ ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ

 

 

“Aku bertanya kepada Nabi Muhammad Saw tentang amalan apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala? Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Kemudian apa? Beliau menjawab, “Berbuat baik kepada kedua orangtua.” Kemudian apa? Beliau menjawab, “Jihad fi sabilillah.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement