Selasa 02 Nov 2021 17:45 WIB

Warga Jakarta Diimbau Siaga Potensi Cuaca Ekstrem

Warga DKI Jakarta diimbau berhati-hati dan waspada menyoal potensi cuaca ekstrem.

Rep: Zainur Mashir Ramadhan/ Red: Agung Sasongko
Cuaca ekstrem (ilustrasi)
Foto: Antara/Umarul Faruq
Cuaca ekstrem (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Warga DKI Jakarta diimbau berhati-hati dan waspada menyoal potensi cuaca ekstrem hingga 6 November 2021. Imbauan itu disampaikan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

"Yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung," jelas BPBD DKI dikutip Republika di akun resmi instagram-nya, Senin (1/11).

Baca Juga

Menurut mereka, hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin. Utamanya, yang dapat meningkatkan pola konektivitas. "Diprediksi aktifnya fenomena MJO, aktifnya gelombang Rossby, dan gelombang Kelvin yang mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan," tutur BPBD.

Pertumbuhan itu, juga diklaim mereka tidak hanya terjadi di Jakarta. Melainkan, di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Dengan adanya kondisi tersebut, mengutip BMKG, kata BPBD, ada potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat atau petir. "Juga angin kencang untuk periode 31 Oktober-6 November 2021 di wilayah DKI," ungkapnya.

Dikatakan lebih jauh, khusus masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana hidrometeorologi, agar meningkatkan kesiapsiagaan. Kepada warga, mereka juga meminta untuk melaporkan jika terjadi genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement