Petugas Kesehatan Haji Harus Punya Strategi

Rabu , 03 Nov 2021, 07:00 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Petugas Kesehatan Haji Harus Punya Strategi. Foto:   Seorang petugas kesehatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah sedang mengambil darah jamaah haji yang dirawat (Ilustrasi).
Petugas Kesehatan Haji Harus Punya Strategi. Foto: Seorang petugas kesehatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah sedang mengambil darah jamaah haji yang dirawat (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana mengatakan, sebagai petugas kesehatan perlu memiliki strategi bagaimana menjaga kesehatan jamaah. Hal tersebut disampaikan Budi saat sosialisasi manasik kesehatan haji dan supervisi penyelenggaraan kesehatan haji di Banyumas, Selasa(2/11).

 

Terkait

"Kalau kita mau menjaga kesehatan jamaah kita harus punya strategi dulu kita harus mengenal bagaimana kondisi Saudi," kata Budi Sylvana melalui keterangan tertulisnya kepada Republika, Rabu (3/11).

Baca Juga

Budi mengatakan, ibarat perang, kita harus menguasai medan lawan untuk mendapat kemenangan. Di mana medan yang harus di kuas petugas kesehatan haji adalah Makkah dan Madinah. 

"Bagaimana kita bisa menang melawan musuh kita kalau daerah musuh tidak kita kuasai," katanya.

Budi menegaskan, perang yang dimaksud bukan angkat senjata melawan Arab Saudi, akan tetapi berjuang membawa jamaah ke Saudi agar tetap sehat dan selamat dalam melaksanakan ibadah hajinya.

"Perang kita maksudnya membawa jamaah dalam keadaan sehat itu misi kita," katanya.

Jadi kata Budi, bagaimana kita mau menang kalau kita tidak tahu Saudi. Untuk itu kita harus tahu kondisi Saudi terutama terkait cuaca agar dapat memitigasi kesehatan jamaah.

"Jadi Saudi dengan Indonesia itu ya tidak jauh beda. Indonesia dan Arab Saudi itu masih dalam kategori tropis," katanya.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini