Rabu 03 Nov 2021 18:59 WIB

Menuju Masjid Ramah Lingkungan

Masjid di dunia Islam mulai menerapkan ramah lingkungan.

Rep: Umar Mukhar/Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Jamaah menunaikan shalat di Masjid Al Akbar, komplek Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, Yogyakarta, Selasa (6/10). Masjid dengan desain unik ini mendukung pengoperasian bandara baru di Yogyakarta. Dengan mengusung konsep ramah lingkungan, masjid ini dibuat terbuka tanpa pintu dan jendela. Sehingga desain masjid dengan daya tampung 600 jamaah ini berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya. Dan bisa menjadi ikon bandara internasional Yogyakarta.
Foto:

Sementara, Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan masjid At-Tanwir di kompleks Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat pada Kamis (11/3). Masjid ini menggunakan teknologi ramah lingkungan dan bangunannya didesain tidak hanya untuk melaksanakan sholat. 

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Abdul Mu'ti menyampaikan, masjid At-Tanwir menggunakan tenaga surya. Jadi di lantai atas ada panel surya bertenaga matahari, kebetulan Muhammadiyah juga simbolnya matahari.

photo

Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri peresmian Masjid At-Tanwir di Kompleks Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat pada Kamis (11/3). - (Kementerian BUMN)

"Jadi ini adalah masjid yang ramah lingkungan dan sejalan dengan komitmen kita bersama-sama untuk mengatasi berbagai masalah lingkungan," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa bekas air wudhu di lantai satu didaur ulang untuk kegiatan yang bersifat kebersihan. Itu bagian dari upaya Muhammadiyah untuk menghemat air dan melestarikan lingkungan.

"Karena itu kami sangat berharap model-model masjid Muhammadiyah yang belum dibangun atau direnovasi, saya kira dapat mereplikasi apa yang mulai kita lakukan di masjid kita ini sebagai masjid yang ramah lingkungan dan masjid yang memang kegiatannya kita persiapkan dan kita orientasikan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat," jelasnya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement