Jumat 05 Nov 2021 05:15 WIB

Akankah Larangan Jilbab Berlaku di Australia?

Perlindungan terhadap diskriminasi agama hanya ada di separuh negara bagian Australia

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
 Anggota komunitas Muslim pergi setelah merayakan liburan Islam Idul Adha di Masjid Auburn Gallipoli di Sydney, Australia, 31 Juli 2020. New South Wales telah memberikan pengecualian bagi 400 orang untuk berkumpul di sebuah masjid di Sydney barat untuk merayakan Idul Fitri Idul Adha adalah yang paling suci dari dua hari libur Muslim yang dirayakan setiap tahun, itu menandai ziarah tahunan Muslim (Haji) untuk mengunjungi Mekah, tempat paling suci dalam Islam. Muslim menyembelih hewan kurban dan membagi daging menjadi tiga bagian, satu untuk keluarga, satu untuk teman dan kerabat, dan satu untuk orang miskin dan yang membutuhkan.
Foto:

Pengadilan umumnya mengadopsi pandangan yang lebih sempit. Keputusan Pengadilan Tinggi di masa lalu memperjelas bahwa pasal tersebut tidak merupakan jaminan konstitusional atas hak kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Pasal 116 tidak dapat digunakan untuk membela pelanggaran hukum umum yang terjadi untuk mendiskriminasi agama. Tidak jelas apakah bagian ini dapat digunakan untuk menantang, contoh di mana seorang perdana menteri Australia memutuskan, misalnya, untuk melarang jilbab untuk tujuan keamanan, meskipun itu jelas merupakan serangan terhadap kebebasan perempuan Muslim.

"Apa solusinya? Terlepas dari tantangan politik seputar upaya untuk mengamankan undang-undang hak, terutama yang diabadikan dalam konstitusi, itu mungkin satu-satunya jalan bagi wanita Muslim untuk menikmati perlindungan dan kebebasan beragama yang nyata di Australia. Bukan hanya wanita seperti saya yang berhijab saja yang merasa yakin dengan perlindungan ini. Semua warga Australia akan mendapat manfaat dari perlindungan hak asasi manusia," kata Hashimi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement