Shahana Hanif, Wanita Muslim Pertama Dewan Kota New York

Sabtu , 06 Nov 2021, 03:05 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Anggota dewan New York Shahana Hanif dan anggota dewan kota Minnesota Azrin Awal
Anggota dewan New York Shahana Hanif dan anggota dewan kota Minnesota Azrin Awal

IHRAM.CO.ID, NEW YORK -- Dewan Kantor Pemilihan mengumumkan Shahana Hanif memenangkan pemilihan di Brooklyn dari Council District-39 dengan 89 persen dari total suara. Satu-satunya lawan dari Partai Konservatif disebut menerima 8 persen suara.

 

Terkait

Rumah asal Hanif ada di Fatikchhari upazila Chattogram. Putri sulung Mohammad Hanif ini, salah satu penasihat Liga Awami Amerika Serikat, telah lama terlibat dalam politik di Brooklyn. Ia dikenal sebagai wakil pemuda progresif dalam politik.

Baca Juga

“Saya gembira dan merasa terhormat menjadi anggota Muslim wanita pertama dalam sejarah Dewan Kota New York, serta wanita pertama yang menang di Distrik 39,” kata Shahana dalam sebuah pernyataan dikutip di Daily Times, Jumat (5/11).

Ia menyebutkan harapannya menciptakan kota yang melindungi pihak-pihak yang paling rentan. New York juga diharap menjadi kota dengan akses pendidikan yang adil, serta berinvestasi dalam solusi iklim lokal dan didorong oleh komunitas.

Tak hanya itu, ia berharap kota yang diwakilinya ini menjadi tempat di mana tetangga migran di sekitarnya merasa didengar dan aman.

“Bahkan jika pemilihan selesai, kita harus terus muncul untuk tugas ini. Kita semua akan bekerja sama untuk membangun kota feminis dan anti-rasis," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini