Senin 08 Nov 2021 12:25 WIB

Agar Anak-Anak Mencintai Rasulullah Sejak Dini

Ada banyak buku untuk anak-anak termasuk Kisah Al-Qur'an dan Sirah Nabawi.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Namun, penting bagi anak balita untuk tetap ikut serta di dalamnya sebanyak mungkin. Karena ini akan membentuk kebiasaan yang baik serta menciptakan basis pengetahuan di usia muda, yang nantinya akan berubah menjadi apresiasi dalam beberapa tahun. Paling terpenting adalah berdoa kepada Allah SWT sebelum melakukan aktivitas apa pun, agar anak-anak mendapatkan berkah, cinta, dan pengetahuan dari upaya orang tua.

Cara lain untuk menanamkan cinta kepada Nabi adalah dengan duduk di meja dan memiliki  kertas bertuliskan huruf Arab, krayon, dan buku panduan kehidupan dan perjalanan Nabi (SAW). Mulailah dengan membahas kelahiran dan lokasi Nabi (SAW) dan menandainya di atas kertas.

Mulailah berbicara tentang kehidupan Nabi (SAW) dan mintalah anak-anak berpartisipasi dalam mewarnai peta hidupnya, menandai peristiwa-peristiwa. Ini akan mencakup tempat dia tinggal, melakukan perjalanan, dan peristiwa penting lainnya. 

Memutar video kisah nabi juga merupakan cara untuk mengajari anak-anak tentang Nabi. Ada banyak video kisah bagus untuk anak-anak kemudian orang tua dapat menjeda video dan mengajukan pertanyaan kepada anak-anak Anda yang berkaitan dengan video yang didengar. Contohnya adalah “Menurut Anda bagaimana rasanya ketika putra Nabi Muhammad, yakni Ibrahim lahir”?

Ini bisa dikaitkan dengan perasaan ketika orang tua melahirkan anaknya. Sehingga menciptakan pengalaman yang lebih nyata dan hidup. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement