Selasa 09 Nov 2021 00:56 WIB

China Kirim Astronaut Wanita Pertama ke Luar Angkasa

Wang sekarang menjadi penjelajah luar angkasa wanita pertama di China.

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Komandan Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu bersiap dalam misi Shenzhou 13.
Foto:

 

Dua setelan dikirim ke Tianzhou 2 untuk mendukung perjalanan antariksa Shenzhou 12. Namun, setelan tambahan menyarankan itu bisa menjadi satu khusus untuk Wang.

Dua hingga tiga kegiatan ekstravehicular direncanakan untuk misi Shenzhou 13 selama enam bulan. Tujuan utama dinyatakan termasuk memasang adaptor untuk memungkinkan lengan besar Tianhe terhubung ke lengan lain yang lebih kecil yang akan ada di modul masa depan.

Awak Shenzhou 13 telah berada di orbit selama tiga minggu. Misi tersebut direncanakan berlangsung dua kali lebih lama dari Shenzhou 12 yang berlangsung selama tiga bulan, misi terpanjang China sebelumnya.

Selama waktu ini para astronaut telah berhasil mentransfer pasokan dari pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou yang berlabuh di Tianhe. Mereka juga melakukan latihan harian untuk melawan efek gayaberat mikro dan melakukan pemeriksaan medis dan eksperimen ilmiah.

Wang Yaping dan Ye Guangfu, melakukan perjalanan pertamanya ke luar angkasa, juga menguji kandungan mikroba air di atas kapal Tianhe.

 

Para kru juga mempersiapkan dan mengebor untuk operasi darurat termasuk evakuasi dan pertolongan pertama. Sementara itu di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, roket Long March 2F dan pesawat ruang angkasa Shenzhou 14 berada dalam keadaan hampir siap jika terjadi keadaan darurat di orbit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement