Rabu 10 Nov 2021 11:08 WIB

Membaca Surat At Takatsur: Gambaran Realitas Saat ini

Surat At Takatsur benar-benar menggambarkan realitas kehidupan saat ini.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

Tamu Terhormat

Sementara itu, Ansari kembali, melihat Rasulullah dan dua sahabatnya dan berkata: 'Segala puji bagi Allah, hari ini tidak ada tamu yang lebih terhormat dari saya.' 

Dia kemudian keluar dan membawakan mereka seikat buah kurma, yang memiliki kurma, beberapa masih hijau, beberapa matang, dan beberapa matang sepenuhnya, dan meminta mereka untuk memakannya. Dia kemudian mengambil pisaunya (untuk menyembelih seekor domba).

Rasulullah (saw) berkata kepadanya, ' Jangan menyembelih domba perah. '

Jadi dia menyembelih seekor domba untuk mereka. Setelah mereka makan dan minum sampai kenyang, Rasulullah (saw) berkata kepada Abu Bakar dan `Umar (Semoga Allah meridhoi mereka),

' Demi Allah Yang Tangan jiwa saya adalah, Anda pasti akan ditanya tentang memperlakukan ini pada hari kiamat. Kelaparan membawamu keluar dari rumahmu, dan kamu tidak kembali ke rumahmu sampai kamu diberkati dengan suguhan ini' ”. (Muslim)  

Melalui Surat At Takatsur, Allah juga memberitahui bahwa kita tidak dilarang untuk menikmati kesenangan yang halal dari kehidupan sekarang ini. Hanya saja kita tidak boleh lupa bahwa kita akan ditanyai tentang suguhan ini pada Hari Kebangkitan. Karena itu, seseorang harus selalu bersyukur kepada Allah dan menunjukkan rasa syukur kepada Allah. 

Kita harus bersyukur kepada Allah atas semua rahmat, nikmat dan berkah-Nya dengan hati, lidah, dan anggota badan. Artinya hati kita harus selalu dipenuhi dengan rasa syukur dan syukur kepada Allah, lidah kita harus selalu mengingat dan bersyukur, dan anggota tubuh kita harus selalu menggunakan nikmat ilahi ini dalam ketaatan-Nya.

Kita harus menahan diri dari keserakahan dan merasa puas dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita karena kepuasan adalah harta yang tak habis-habisnya.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement