Senin 15 Nov 2021 03:00 WIB

Penyembelihan Hewan Secara Islam Bakal Dilarang di Yunani

Pengadilan Yunani melarang penyembelihan pada hewan yang masih sadar.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Muslim di Yunani saat shalat  Ied
Muslim di Yunani saat shalat Ied

IHRAM.CO.ID, ATHENA -- Duduk di samping blok tokonya di pasar Varvakeios pusat kota Athena, Alaa Elkobtan, memutar video dirinya yang memberikan air minum kepada seekor domba. Beberapa detik kemudian, dia menggorok leher binatang itu dengan pisau.

“Aku memberinya air untuk menenangkannya. Ini penting untuk hewan. Tuhan menciptakan hewan untuk kita. Tetapi hewan juga memiliki jiwa, dan jiwa itu perlu didamaikan ketika mereka pergi agar kebaikan ini kembali kepada kita,” kata tukang daging asal Mesir ini, dikutip di Ekathimerini, Ahad (14/11).

Baca Juga

Menurut praktik Islam dan hukum halal, yang prinsip dasarnya ditemukan dalam Alquran, seekor hewan harus sehat sebelum seorang Muslim melakukan penyembelihan, sambil membaca doa yang didedikasikan untuk Allah SWT.

Halal, yang berarti "diperbolehkan" dalam bahasa Arab, berlaku seperti kunci. “Ketika saya mengucapkan ‘bismillah’ (dalam nama Tuhan), hewan itu terlihat santai. Menyebut nama Tuhan sangat mirip dengan obat bius di dokter gigi,” ujarnya.

 

Selama proses penyembelihan, vena jugularis, arteri karotis dan tenggorokan hewan dipotong dalam satu sapuan pisau tajam. Semua darah harus dikeringkan dari bangkai.

Di sisi lain, Keputusan baru-baru ini oleh Dewan Negara, pengadilan administratif tertinggi Yunani, dapat mengakhiri pembunuhan hewan dalam kondisi sadar. Putusan ini memberikan pukulan terhadap kebiasaan halal Muslim.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement