Rabu 17 Nov 2021 05:30 WIB

Menilik Akar Sejarah Islamofobia di Barat

Islam dan Muslim memiliki hubungan historis dengan Barat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Islamofobia (ilustrasi)
Foto:

Ketika ditanya bagaimana cara menghilangkan sikap Islamofobia ini, Tharik percaya bahwa itu tidak langsung dan tidak cepat. "Dalam alam bawah sadar Eropa Barat selalu ada ketidakpercayaan dan kecurigaan terhadap Eropa Timur. Sementara beberapa orang akan mengatakan itu karena mereka komunis, saya percaya itu hanya puncak gunung es dan dibangun di atas Islamofobia, karena jauh sebelum komunis, selama hampir enam abad sebagian besar adalah Muslim."

Tharik dengan tepat menunjukkan bahwa Islamofobia telah dibuat selama berabad-abad dan sebagai hasilnya cukup dipadatkan dan dikanonisasi dalam jiwa dan budaya Barat. Tujuannya adalah untuk mencoba dan menormalkan kisah dan sejarah Muslim Eropa. Semua pekerjaan ini pada dasarnya hanya mencoba dan bergerak menuju normalisasi Islam menjadi bagian dari lanskap budaya Barat.

Bahkan jika Barat tidak menerima Muslim dalam waktu dekat, Tharik percaya bahwa penting bagi umat Islam untuk setidaknya mengetahui sejarah mereka sendiri. Tharik menilai warisan sangat penting untuk menancapkan identitas dan jika kita tidak mengetahui warisan kita dengan cara yang seharusnya atau kita menolak aspek-aspeknya, tidak mengherankan jika kita kadang-kadang merasa sedikit terombang-ambing.

Tharik berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran akan Islam di Eropa dan warisan hidupnya, dan Minarets in the Mountains adalah bagian dari beberapa proyek lain yang melibatkannya. Namun, sementara persepsi Muslim mungkin tidak berubah secepat yang dia inginkan, itu pasti memiliki dampak langsung dan abadi pada dia dan keluarganya.

 

"Kegembiraan yang sebenarnya adalah melihat anak-anak dan istri saya kembali melihat Muslim seperti kami, yang selalu berada di sini di Eropa dan yang bukan mualaf atau pendatang baru. Pengetahuan ini sangat memberdayakan, jelas Tharik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement