Jumat 19 Nov 2021 18:01 WIB

Mengenal Anggota Dewan Kota New York Muslimah Pertama

Hanif merupakan Muslimah yang lahir dan dibesarkan di Kensington, Brooklyn

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Anggota dewan New York Shahana Hanif dan anggota dewan kota Minnesota Azrin Awal
Foto: About Islam
Anggota dewan New York Shahana Hanif dan anggota dewan kota Minnesota Azrin Awal

IHRAM.CO.ID, NEW YORK – Wanita Muslim Shahana Hanif (30 tahun) mencetak sejarah dalam pemilihan dewan kota New York. Untuk pertama kalinya, ia menjadi wanita Muslim pertama yang menjabat sebagai dewan kota New York.

“Ini mengubah hidup saya,” kata Hanif kepada News 4 New York. Hanif merupakan Muslimah yang lahir dan dibesarkan di Kensington, Brooklyn, daerah yang dikenal sebagai “Bangladesh kecil.” Pada bulan Januari, aktivis itu juga akan menjadi anggota dewan Asia Selatan pertama dan wanita pertama yang mewakili distriknya di Balai Kota.

Baca Juga

Sebelum berkampanye, dia melakukan perjalanan ke Bangladesh dan menghabiskan tujuh bulan melatih keterampilan bahasanya. Hanif berlatih supaya dapat berbicara dengan orang-orang biasa di komunitasnya tentang masalah perumahan dan pelecehan di tempat kerja.

Dilansir NBC New York, Jumat (19/11), Hanif menyerahkan pencapaiannya kepada orang tuanya karena melibatkan komunitas imigran dengan cara yang tidak dilakukan oleh kandidat lain. “Setiap warga New York bertemu sekitar tiga orang Bangladesh setiap hari. Kami adalah pekerja taksi. Kami adalah penjual makanan. Kami adalah pekerja rumah tangga,” ujar dia.

Hanif tidak terkejut saat mengetahui dirinya menjadi wanita Muslim pertama sebagai dewan kota. Sebelumnya, ia harus mengahadapi sejumlah tantangan tetapi itu tidak membuat ia menyerah. Dia bertekad untuk membuat ruang untuk memberdayakan perempuan muda. Dia percaya dapat membuka jalan bagi generasi muda.

“Saya pergi ke Balai Kota dengan banyak tanggung jawab untuk komunitas ini dan orang Asia Selatan Bangladesh serta Muslim di seluruh kota ini,” tambahnya. Ketika dia dilantik, Hanif akan menjadi bagian dari kelas wanita terbesar yang pernah terpilih di Dewan Kota New York, mayoritas wanita pertama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement