Rabu 01 Dec 2021 17:32 WIB

Al-Shaikh Tuliskan Deskripsi Detail Mercusuar Alexandria

Deskripsi itu ditulis al-Shaikh dalam kitab berjudul Alif Ba.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Mercusuar Alexandria/Ilustrasi

Beberapa cerita menyebutkan, mercusuar itu berketinggian lebih dari 650 meter. Batu marmer yang melapisi bangunan itu tampak begitu terang dan bercahaya sehingga mem buat seorang penjahit bisa memasukkan ja rum di malam hari. Menaranya juga dapat di lihat dari hampir seluruh Istanbul dan butuh 23 ton perak untuk membangun mercusuar tersebut.

Sayangnya, hanya sedikit yang dapat di ketahui tentang kehidupan al-Shaikh. Namun, berdasarkan keterangan Ibnu al-Abbar dalam buku ensiklopedinya tentang orang-orang terkenal dari Andalusia, al-Shaikh adalah arsitek yang membangun 25 masjid dan menggali 50 sumur di tempat asalnya, Malaga.

Dalam kitabnya, al-Shaikh memulai dengan mencatat lokasi mercusuar Alexandria. Menurut dia, jarak antara mercusuar dan perkotaan hampir satu mil atau lebih. Sementara, Kota Alexandria berada di sebelah selatan mercusuar itu.

"Ini (mercusuar) terletak di sebuah pulau kecil di tengah-tengah air, dan dari sini, se buah jalan di atas air telah dibangun untuk mencapai pantai, yang panjangnya 600 hasta atau lebih, lebarnya 20 hasta dan tingginya tiga hasta dari permukaan laut. Karena itu, ketika laut sedang pasang, air menutupi jalan ini," tulis al-Shaikh seperti dikutip dalam sebuah artikel di laman Aramcoworld.

Al-Shaikh menjelaskan, mercusuar Alexandria dibangun pada masa pemerintahan Ptolemeus I (367-283 SM) dan diselesaikan 12 tahun kemudian oleh putranya, Ptolemeus II Philadelphus (285246 SM). Adapun perancang bangunan ini adalah Sostratus dari Snidus.

Sostratus mengukirkan namanya pada mercusuar ini, tepatnya di bagian bawah bangunan. Nama Sostratus juga terukir dalam sebuah prasasti yang diterjemahkan dari Bahasa Yunani seperti berikut: "Sostratus, putra Dexiphanes dari Cnidia mempersembahkan bangunan ini untuk para dewa penyelemat atas nama mereka yang mengarungi lautan." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement