Rabu 01 Dec 2021 20:46 WIB

Macam-Macam Bimaristan

Bimaristan, sistem pelayanan medis yang dikembangkan peradaban Islam.

Bimaristan
Foto:

Lembaga ini terus beroperasi hingga delapan abad kemudian. Adapun Rumah Sakit al-Manshuri al-Kabir terdapat di Kairo sejak 1284. Dalam satu hari, ungkap Raghib as-Sirjani, bimaristan ini dapat melayani lebih dari empat ribu orang pasien.

Selain bimaristan umum, ada pula rumahrumah sakit yang khusus merawat penyakit tertentu, semisal lepra, mata, gangguan mental, dan sebagainya.

The Cambridge History of Islam(1970) menuturkan, setiap bimaristan selalu memisahkan seluruh ruangan yang ada untuk pasien laki-laki dan perempuan. Setiap bagian itu dipilah lagi menjadi beberapa bangsal, yakni khusus penanganan penyakit dalam, bedah, ophthalmologi, dan orto pedi. Bangsal penyakit dalam dibagibagi lagi sesuai jenis penyakit yang ditangani, yaitu demam, gangguan kejiwaan, dan pencernaan.

Semua bimaristan selalu dilengkapi apotek yang diurus kepala apoteker setempat. Seperti halnya rumah sakit modern, bagian ini mengelola dan meracik obat-obatan serta memberikannya kepada pasien sesuai resep dokter. Adapun setiap bimaristandipimpin secara struktural.

Ada kepala rumah sakit yang membawahi seluruh kepala seksi dan dokter-dokter dengan spesialis masing-masing. Perawat terdiri atas laki-laki dan perempuan sehingga menghormati privasi pasien. Semua orang yang bekerja di dalamnya digaji oleh negara dari kas publik (baitul maal) atau wakaf orang-orang kaya.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement