Kamis 02 Dec 2021 16:40 WIB

Bolehkah Berpuasa Tiap Hari Tanpa Jeda?

Bolehkah kita berpuasa tiap hari tanpa jeda?

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Ibadah puasa. Ilustrasi
Foto:

Tentang membaca Alquran, Rasulullah pun menganjurkan untuk khatam satu bulan sekali. Namun lagi-lagi Abdullah berharap dapat lebih sering mengkhatamkan Alquran. 

Rasulullah pun menganjurkan mengkhatamkan Alquran setiap dua puluh hari sekali dan jika masih sanggup dia dapat mengkhatamkannya setiap tujuh hari sekali dan dilarang untuk menambahnya.

"Karena sesungguhnya istrimu punya hak atas engkau dan tubuhmu punya hak atas engkau.' Aku tetap mendesak untuk berbuat lebih, namun aku ditekan. Beliau berkata kepadaku, 'Sesungguhnya engkau tidak tahu, bisa jadi umurmu akan panjang (dan engkau menjadi tua).' Kemudian aku melaksanakan petunjuk Nabi kepadaku. Ketika aku sudah tua dan lemah, aku merasa beruntung menerima kemurahan (rukhshah) Nabi Allah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah menganjurkan ibadah dengan bersikap moderat (tidak lebih dan tidak kurang) dalam tuntutan agama. Segala sesuatu memiliki hak, istri memiliki hak, tamu memiliki hak, jiwa memiliki hak dan Tuhanmu memiliki hak atas engkau. 

Oleh karena itu, tunaikanlah hak masing-masing. Sebagaimana kita mendapatkan pahala dengan melaksanakan shalat, kita juga mendapatkan pahala dengan menghormati tamu dan mendapatkan pahala dengan menggauli pasangan kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement