Pameran Karya Seniman Muda Arab Saudi 

Jumat , 03 Dec 2021, 12:23 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Hafil
Pameran Kaligrafi Karya Seniman Muda Arab Saudi 
Pameran Kaligrafi Karya Seniman Muda Arab Saudi 

IHRAM.CO.ID,JEDDAH --- Para seniman muda Arab Saudi ambil bagian dalam pameran karya Para Seniman Muda Saudi Athr Gallery edisi ke-7. Kegiatan ini memamerkan berbagai mahakarya para seniman muda khususnya seniman kaligrafi.

 

Terkait

Pameran edisi kali ini mengangkat tema "Kaligrafi Kontemporer". Kurator Saudi Athr Gallery,  Rawaa Bakhsh mengatakan pameran tersebut diselenggarakan pada hari kaligrafi Arab setiap tahunnya. "Kami pikir akan tepat untuk bergabung dalam perayaan itu,” kata Bakhsh seperti dilansir Arab News pada Jumat (3/12).

Baca Juga

Para seniman dari seluruh Arab Saudi meresponnya. Panel juri memilih 19 seniman untuk berpartisipasi. Beberapa sudah memiliki karya orisinal yang siap dipamerkan, sementara yang lain mempresentasikan proposal mereka dan mendapat bantuan dari para ahli di galeri untuk mengembangkan dan mengeksekusi ide-ide mereka.

Seniman Hind Alghamdi mislanya yang mengukir patung berbentuk roda kayu yang didekorasi dengan tulisan Kufi  ayat Alquran, "Saya memilih ayat ini karena manusia akan selalu mencari jalan yang benar. Ini pertama kalinya saya menggunakan media ini dan pertama kali saya menggunakan skrip Kufi," katanya. 

Peserta lain Sama Bahajri yang berusia 37 tahun juga memamerkan karya berjudul “Seperti yang Dijanjikan.” 

Ini terdiri dari tekstil bordir yang berwarna putih cerah di bagian atas dan menjadi semakin gelap di bagian bawah. 

“Ini adalah interpretasi visual dari ayat di mana Tuhan berjanji kepada Nabi Muhammad bahwa Dia akan melindunginya dari orang-orang yang berencana untuk membunuhnya,” Bahajri menjelaskan.

Tidak semua karya yang dipamerkan terinspirasi dari ayat-ayat Alquran. Karya Zainab Alshibani berjudul “1001 Nights” terinspirasi dari tulisan Arab antropomorfik dan zoomorfik.

Program ini dimulai pada 2011, bertujuan untuk mempromosikan seniman yang berada di Saudi ke panggung internasional. Program ini dirancang untuk membantu seniman muda mengonsep karya mereka dan mengembangkan proyek mereka sambil memungkinkan mereka untuk memamerkan dalam konteks profesional, berkolaborasi dengan kurator, dan mengekspos karya mereka ke kritik dan pasar.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini