Senin 06 Dec 2021 20:02 WIB

Daftar Dakwaan yang Dihadapi Suu Kyi

Suu Kyi dan beberapa rekannya telah didakwa di bawah sejumlah undang-undang.

Rep: Rizky Jaramaya/AP/ Red: Agung Sasongko
Dalam file foto 27 Januari 2021 ini, pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi menyaksikan vaksinasi petugas kesehatan di sebuah rumah sakit di Naypyitaw, Myanmar. Mantan pemimpin Myanmar yang ditahan, Suu Kyi, tidak dapat menghadiri sidang pengadilan yang dijadwalkan pada Senin, 13 September 2021.
Foto:

 Hukum Terkait Pemilu

Komisi pemilihan Myanmar menuntut Suu Kyi dan 15 tokoh politik lainnya atas dugaan kecurangan dalam pemilihan umum November lalu.  Tindakan Komisi Pemilihan Umum dapat mengakibatkan partai Suu Kyi dibubarkan, dan tidak dapat berpartisipasi dalam pemilihan baru yang telah dijanjikan militer akan berlangsung dalam waktu dua tahun ke depan.

 

 

Komisi Pemilihan Umum mengatakan Suu Kyi, mantan Presiden Win Myint, tokoh-tokoh terkemuka lain dari partainya, termasuk mantan ketua komisi pemilihan umum terlibat dalam proses pemilihan, penipuan pemilihan dan tindakan melanggar hukum.  Seorang komisioner pemilu mengumumkan bahwa, Suu Kyi dan dua rekannya dituduh melanggar konstitusi dan beberapa undang-undang pemilu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement