Jumat 10 Dec 2021 13:39 WIB

Saudi Gelar Festival Film Internasional Pertama

Festival film internasional digelar setelah tiga tahun penutupan bioskop

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Film (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Film (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Festival film internasional pertama dalam sejarah Saudi telah dimulai di kerajaan Teluk tersebut Senin (6/12). Agenda ini digelar setelah tiga tahun penutupan bioskop di kerajaan.

Dilansir dari The New Arab, Rabu (8/12), akun resmi acara tersebut mentweet: "Sesi perdana Festival Film Internasional Laut Merah dimulai hari ini dari kota bersejarah Jeddah,"

Baca Juga

Festival Film Internasional Laut Merah berlangsung antara 6 hingg 15 Desember.  Aktor, sutradara, dan tokoh terkenal lainnya dari seluruh dunia hadir di malam pembukaan festival.

"Ini adalah momen yang telah kami tunggu-tunggu sejak lama," kata ketua acara Mohammed Al-Turki kepada para hadirin malam pembukaan.

 

Akan ada 138 film dari 67 negara yang diputar di festival tersebut. Dari jumlah tersebut, 25 akan menjadi pemutaran perdana dunia, 48 pemutaran perdana untuk dunia Arab, dan 17 pemutaran pertama untuk Teluk, kata penyelenggara festival.

Peristiwa Laut Merah menjadi tonggak sejarah besar setelah Arab Saudi akhirnya mengizinkan bioskop mulai beroperasi pada April 2018, menyusul larangan 35 tahun, menurut Anadolu.

Penguasa de facto negara itu, Mohammed bin Salman, telah menerapkan skema Visi 2030-nya untuk masa depan negara itu. Ini secara luas dilihat sebagai tawaran oleh Putra Mahkota untuk memperkuat kendalinya dan mendapatkan persetujuan internasional.

Visi ini telah menyebabkan perubahan dan reformasi masyarakat yang signifikan di banyak bidang, meskipun para kritikus berpendapat bahwa perubahan ini adalah tingkat permukaan. Hal ini setelah melihat pada pelanggaran berkelanjutan terhadap hak-hak perempuan dan lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement