Sabtu 11 Dec 2021 02:51 WIB

Gubernur Jabar: Pengusaha ISMI Harus Bertransformasi di Era Disrupsi

Saat ini Indonesia berada dalam era disrupsi yang mengakibatkan banyaknya perubahan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

IHRAM.CO.ID,  BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-4, Milad ke-9 dan Silaturahmi Bisnis (Silabis) ke-13 Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) yang digelar di Bandung pada 10-12 Desember ini. Agenda ini bertajuk 'Membangun Ekonomi Umat Melalui Teknologi Inovasi dan Pengembangan Industri Halal'.

Emil, sapaannya, menyampaikan, saat ini Indonesia berada dalam era disrupsi yang mengakibatkan banyaknya perubahan karena transformasi digital. Pandemi Covid-19, menurutnya, pun menuntut semua pihak untuk melakukan transformasi tersebut dan melek teknologi digital.

Baca Juga

Mantan wali kota Bandung itu mengingatkan untuk tidak terus berada di zona nyaman dalam era disrupsi sekarang ini. Sebab, teknologi akan terus berkembang. Ini terlihat dari adanya kriptokurensi sebagai buah kemajuan teknologi digital. "Jangan kaget juga kalau ada anak cucu Anda menyalip (dalam hal melek digital)," tutur dia dalam pidato pembukaan.

Emil mengatakan, di era transformasi digital ini jangan sekadar menjadi suporter yang memanfaatkan teknologi digital untuk keperluan pribadi. Para pengusaha perlu menjadi driver, yaitu memanfaatkan teknologi digital untuk berbisnis. Pada tingkat yang lebih tinggi lagi, ada yang disebut enabler dengan contoh google yang membuat sistem sehingga setiap orang dapat berkreasi melaluinya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement