Senin 13 Dec 2021 04:08 WIB

Ammar bin Yasir, Sahabat yang Tetap Teguh Beriman

Ammar bin Yasir adalah salah satu dari tujuh orang yang menampakkan keislamannya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Ammar bin Yasir adalah salah satu dari tujuh orang yang menampakkan keislamannya. Orang-orang kafir Quraisy saat itu sering menyiksa Ammar dengan kejam. Ammar pernah ditenggelamkan kepalanya di air, dipukuli, dan tidak diberi makan dan minum.

Bahkan, akibatnya, Ammar tidak bisa duduk dengan sempurna. Siksa ini tidak hanya dirasakan oleh Ammar tapi juga oleh ayah dan ibunya. Dalam keadaan demikian, Ammar sempat kesal terhadap Nabi Muhammad SAW. Namun, Nabi SAW berusaha menenangkannya.

Baca Juga

Rasulullah SAW bersabda, "Bersabarlah kalian wahai keluarga Yasir. Sesungguhnya tempat kalian kelak adalah surga." (HR Al Baghawi dan Abu Na'im)

Allah SWT berfirman, "Barangsiapa kafir kepada Allah setelah dia beriman (dia mendapat kemurkaan Allah), kecuali orang yang dipaksa kafir padahal hatinya tetap tenang dalam beriman (dia tidak berdosa)..." (QS An-Nahl ayat 106)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda tentang Ammar, "Iman telah merasuk pada diri Ammar sampai ke tulang sumsumnya." (HR An-Nasa'i dan Abu Na'im)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement