Rabu 15 Dec 2021 01:38 WIB

 Adab-adab Bersumpah dalam Islam

Sumpah merupakan tindakan yang dibolehkan dalam Islam.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Mengucapkan sumpah (ilustrasi)
Foto:

- Jika tidak sengaja bersumpah dengan nama selain Allah, maka ucapkan La ilaaha illallah

Jika seseorang terpeleset lisannya dengan bersumpah atas Nama selain Nama Allah, maka Ucapkanlah, “La ilaaha illallah,”

Dalam sebuah riwayat dijelaskan, jika seseorang terlanjur mengucap nama selain-Nya, maka meludahlah ke kiri tiga kali, memohon ampun kepada Allah dan tidak mengulanginya lagi.

- Jika bersumpah dengan agama selain Islam, maka dia telah keluar dari Islam 

Rasulullah SAW melarang bersumpah atas agama selain Islam meskipun berbohong. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa sengaja bersumpah bohong dengan agama selain Islam, maka ia seperti yang ia katakan (keluar dari Islam),” (HR. Bukhari).

- Ridha atas sumpah seseorang yang menyebut nama Allah SWT

Apabila seseorang telah bersumpah atas nama Allah, maka orang yang mendengarnya harus rela menerimanya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwasanya Nabi SAW bersabda yang artinya: 

“Isa bin Maryam melihat seseorang yang sedang mencuri, lalu ia bertanya, ‘Apakah engkau mencuri?’ si pencuri menjawab, ‘Demi Dzat yang tidak ada ilah yang berhak diibadahi selain-Nya, sesungguhnya aku tidak mencuri,’ lalu ‘Isa berkata, ‘Aku beriman kepada Allah, dan aku mendustakan penglihatanku,” (HR. Bukhari).

Di dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:  “Barangsiapa diberikan sumpah atas Nama Allah, maka percayailah (ridha), dan barangsiapa tidak ridha dengan (sumpah) atas Nama Allah, maka ia bukan termasuk (golongan) Allah.” (HR. Ibnu Majah). Alkhaledi Kurnialam

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement