Jumat 17 Dec 2021 05:05 WIB

Mesir Ubah Gedung Bersejarah Jadi Hotel Mewah

Gedung bersejarah Mesir, Mogamma el-Tahrir akan diubah jadi hotel mewah

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Bendera Mesir

Persaingan tidak sehat

Mengubah Mogamma menjadi hotel akan menjadi langkah simbolis, yang menunjukkan keinginan Mesir untuk menyingkirkan sistem administrasi lamanya. Hal ini juga disambut di Kairo oleh para ekonom yang melihatnya sebagai awal dari investasi asing yang dapat menambah nilai beberapa bangunan tua di ibukota Mesir.

"Kontrak untuk mengembangkan Mogamma mencerminkan kepercayaan investor terhadap ekonomi Mesir," kata sebuah surat kabar lokal mengutip Mohamed Abdullah, kepala Bagian Perumahan di Kamar Dagang Amerika di Kairo, mengatakan.

"Kesepakatan itu juga memberikan wawasan tentang strategi Dana Negara untuk mendapatkan pengembalian tertinggi dari eksploitasi aset (negara)," tambahnya.

Meskipun demikian, langkah yang sama dikritik karena membawa investor asing ke daerah-daerah di mana investor lokal memiliki keunggulan, yang membuka pintu untuk persaingan tidak sehat terutama dengan Dana Negara Mesir yang terlibat.

“Ini adalah rencana yang buruk,” kata Mamdouh Hamzah, seorang arsitek terkenal dan pengkritik keras pemerintah Mesir.

"Jika ini adalah kemitraan baru antara dana tersebut dan konsorsium Emirat-Amerika, itu akan menjadi bencana besar," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement