Jumat 17 Dec 2021 14:14 WIB

 Enam Pokok Doa Nabi Musa Ketika Akan Bertemu Fir'aun

da sebuah doa yang dipanjatkan Nabi Musa saat menemui Firaun.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Berdoa (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ada sebuah doa yang dipanjatkan nabi Musa Alaihi Salam ketika diperintahkan Allah Subhanallahu wa Ta'ala menemui Fir'aun. Doa tersebut terdapat dalam surat Taha dari ayat 25-35. Dan pada ayat 36, bahwa Allah mengabulkan doa nabi Musa Alaihi Salam.  

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي (٢٥) وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي (٢٦) وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي (٢٧) يَفْقَهُوا قَوْلِي (٢٨) وَاجْعَلْ لِي وَزِيرًا مِنْ أَهْلِي (٢٩) هَارُونَ أَخِي (٣٠) اشْدُدْ بِهِ أَزْرِي (٣١) وَأَشْرِكْهُ فِي أَمْرِي (٣٢) كَيْ نُسَبِّحَكَ كَثِيرًا (٣٣) وَنَذْكُرَكَ كَثِيرًا (٣٤) إِنَّكَ كُنْتَ بِنَا بَصِيرًا (٣٥) قَالَ قَدْ أُوتِيتَ سُؤْلَكَ يَا مُوسَىٰ (٣٦). 

Baca Juga

Berkata Musa: Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku (25) dan mudahkanlah untukku urusanku (26). Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku (27). Supaya mereka mengerti perkataanku (28). Dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku (29). (yaitu) Harun, saudaraku (30). Teguhkanlah dengan dia kekuatanku (31). Dan jadikanlah dia sekutu dalam urusanku (32). Supaya kami banyak bertasbih kepada Engkau (33). Dan banyak mengingat Engkau (34). Sesungguhnya Engkau adalah Maha Melihat (keadaan) kami (35). Allah berfirman: Sesungguhnya telah diperkenankan permintaanmu, hai Musa (36).

Pakar tafsir Alquran yang juga pengasuh Pesantren Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran, ustaz Dr Syahrullah Iskandar menjelaskan surat Taha ayat 25-36 menginformasikan tentang kisah nabi Musa yang diutus Allah SWT untuk menemui Fir'aun.

Tujuannya untuk menyampaikan risalah karena Firaun telah bertindak melampaui batas dan berlaku sombong. Berbagai kejahatan dilakukan Firaun seperti membunuh bayi laki-laki karena ketakutan akan ada orang yang meruntuhkan kekuasannya. Firaun juga merasa memiliki dan menguasai semua hal, dan dia berlaku sewenang-wenang serta sombong kepada Allah. 

Nabi Musa pun menjalankan perintah Allah. Sebuah tugas besar dan mulia, meski pada sisi lain bukan perkara yang mudah untuk berhadapan dengan Firaun yang zalim. Karena itu nabi Musa pun bermunajat kepada Allah sebelum menghadapi Fir'aun. Ada enam pokok persoalan yang menjadi permohonan nabi Musa dalam doanya yang termaktub pada ayat 25-35 surat Taha. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement