Jumat 17 Dec 2021 15:15 WIB

Muslim Dituntut Disiplin Menjalankan Ajaran Islam

Setiap Muslim dituntut displin menjalankan ajaran Islam.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim. Ilustrasi anak Muslim.
Foto:

Di sisi lain bahwa fitrah manusia adalah makhluk yang mulia dan dimuliakan. Kemuliaan tersebut ditandai dengan status manusia sebagai khalifah, wakil Allah SWT di bumi. Sebagai ‘Abid (pengabdi dan pelayan Allah) dan sebagai Musta’mir yang punya tanggung jawab menyemarakkan bumi. Ketiga fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. 

Akan tetapi perlu dipahami bahwa ketiga status itu baru merupakan potensi yang memerlukan bimbingan dan didikan. Kalau tidak terdidik dengan baik maka manusia akan menjadi makhluk yang paling hina dan sesat, bahkan lebih rendah dari hewan sekalipun.

Allah SWT sebagai Maha Pendidik telah mengajarkan dan mendidik manusia melalui Alquran sebagai pedoman bagi hidup manusia. Di dalam Alquran ditemukan bermacam model bagaimana Allah SWT mendidik manusia. Dari sekian banyak model yang ada, di antaranya adalah model perintah dan larangan (amar ma’ruf nahi munkar). 

 

Kombes Pol (Purn) Agil juga menerangkan, sebagai seorang Muslim bisa mencapai kebahagiaannya, ketika mereka memiliki lima tanggung jawab. Di antaranya, menerima seluruh ayat Alquran, berhukum pada ketentuan Islam, tidak mencampuradukkan antara yang haq dengan yang bathil, meninggalkan hal-hal yang tidak Islami, dan bangga sebagai seorang Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement