Senin 20 Dec 2021 03:40 WIB

Komunitas Muslim Siap Bangkitkan Kembali Michigan

Masa kejayaan Hamtramck tampaknya telah berlalu. Banyak pabrik telah tutup.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Muslim jadi wali kota di wilayah Deaborn, Deaborn Heights, dan Hamtramck.
Foto: About Islam
Muslim jadi wali kota di wilayah Deaborn, Deaborn Heights, dan Hamtramck.

IHRAM.CO.ID,  HAMTRAMCK -- Selama beberapa dekade, Hamtramck, dikenal sebagai "Little Warsaw" Michigan Amerika Serikat (AS), sebuah kota dengan rumah dan pabrik yang padat hanya dua mil persegi. Jaraknya sangat jauh dari pusat kota Detroit.

Dalam 99 tahun sejak pendiriannya, setiap wali kota Hamtramck adalah orang Amerika Polandia.  Dan itu berakhir 2 Januari, di tahun keseratus Hamtramck, ketika Amer Ghalib akan dilantik, bersama dengan dewan kota yang seluruhnya Muslim.

Baca Juga

Muslim Public Affairs Council menyatakan, Hamtramck akan menjadi kota pertama yang diketahui di AS dengan pemerintahan yang seluruhnya terdiri dari Muslim. Organisasi tersebut mengatakan bahwa mereka tidak memiliki catatan tentang administrasi serupa lainnya.

photo
Salah satu sudut kota Hamtramck - (VOA)

Wali Kota terpilih, Ghalib lahir di Yaman dan datang ke Amerika Serikat sendirian sebagai seorang pemuda, dengan segelintir bahasa Inggris. Dia sekarang berusia 42 tahun, bekerja di bidang medis dan sedang belajar untuk menjadi seorang dokter.

Masa kejayaan Hamtramck tampaknya telah berlalu.  Banyak pabrik telah tutup. Banyak orang Amerika Polandia generasi kedua dan ketiga telah pindah ke pinggiran kota Detroit dan sekitarnya dalam dua dekade terakhir. Imigran, sebagian besar dari Yaman dan Bangladesh, menggantikan mereka dan Hamtramck, kata penduduk setempat, sekarang mayoritas Muslim.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement