Selasa 21 Dec 2021 23:23 WIB

Agar Kita Terlindungi dari Ucapan Buruk

Ada tiga ayat Alquran yang melindungi kita dari ucapan dan dampak perkataan buruk.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam Alqur'an terdapat tiga ayat Alqur'an, yang melatih umat Islam menanggapi ucapan yang buruk. Selanjutnya, melindungi Muslim dari ucapan yang buruk dan dampak perkataan yang buruk.

 

Baca Juga

Pertama, Surah Al Hijr ayat 97-98

وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ.فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ

Dan sungguh, Kami mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (sholat),

Kedua, Surah Qaf ayat 39,

فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

Maka bersabarlah engkau (Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam.

Ketiga, surah Taha ayat 130 

فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا ۖ وَمِنْ آنَاءِ اللَّيْلِ فَسَبِّحْ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضَىٰ

Maka sabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum matahari terbit, dan sebelum terbenam; dan bertasbihlah (pula) pada waktu tengah malam dan di ujung siang hari, agar engkau merasa tenang.

Membalas kata-kata buruk dengan ayat Alquran adalah mustahabb atau menanggapi  keburukan dengan kebajikan. Selain itu dengan membacakan ayat Alquran diharapkan mereka yang berkata buruk mendapatkan petunjuk dan bertaubat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement