Kamis 23 Dec 2021 05:15 WIB

Panduan Melakukan Ibadah Umroh

Umroh memiliki sejumlah ritual yang harus dilakukan secara berurutan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Panduan Melakukan Ibadah Umroh. Jamaah umroh sedang melakukan tawaf di Kabah.
Foto:

Apa Itu Tawaf?

Tawaf adalah berjalan mengelilingi Ka'bah tujuh kali.  Setiap putaran dimulai dan diakhiri dengan Hajar Aswad, dengan Ka'bah berada di sisi kiri Anda. 

Jika mungkin untuk mencapai Hajar Aswad, ciumlah dengan tenang. Jika tidak, Anda dapat menyentuhnya dan mencium tangan Anda atau hanya menghadapnya dan menunjuknya sambil berkata "Bismillah, Allahu Akbar" (Dengan nama Allah, Allah Maha Besar).

Pada tiga putaran pertama, laki-laki dianjurkan berlari dari Hajar Aswad ke miqat Yamani (sepertiga dari sudut Ka`bah dan yang mendahului Hajar Aswad). Saat melakukan tawaf, sibukkan diri Anda dengan dzikir (mengingat Allah) dan permohonan. Anda berada di waktu yang sangat diberkati dan tempat yang sangat diberkati, jadi jangan lewatkan kesempatan ini.

Berdoalah agar Allah mengampuni dosa-dosa, menghilangkan kekhawatiran, memberi Anda manfaat dunia dan akhirat, dan memberi nikmat apa pun yang Anda inginkan. Tunjukkan kerendahan hati dan kebutuhan yang tulus kepada Allah, dan mintalah kepada-Nya Yang Mahakuasa untuk Anda, orang tua, keluarga, dan seluruh umat Islam.

Ketika Anda mencapai sudut Yaman, cobalah untuk menyentuhnya jika memungkinkan. Jika Anda tidak bisa, Anda tidak perlu menunjuknya atau melakukan apa pun. Berdoalah kepada Allah sampai Anda mencapai Hajar Aswad sambil berkata:

“Rabbana a`tina fi ad-dunya hasanatan wa fi al-akhirati hasanatan wa qina `adhaba an-nar.”

Artinya: “Tuhan kami! Berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement