Kamis 23 Dec 2021 19:19 WIB

Brand Awareness Lembaga Zakat Dinilai Semakin Baik

Lembaga zakat semakin diperhitungkan oleh berbagai pihak dan kelompok masyarakat.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Ia mengungkapkan, penghimpunan dana zakat di masa pandemi relatif tidak banyak menurun. Meski dugaan awal di masa pandemi ini lembaga zakat akan mengalami tekanan, memasuki tahun kedua semakin pesimis dan nampak akan lebih berat tekanannya.

Yusuf menegaskan, tapi ternyata lembaga zakat dapat mengatasinya, beberapa lembaga zakat yang besar, penghimpunannya tidak turun bahkan meningkat. Hal ini juga menggambarkan masyarakat kelas atas atau donatur tidak terlalu terpengaruh oleh pandemi. Kelas atas tetap bisa eksis dan mendapatkan pendapatan yang besar.

"Ini juga menggambarkan kepercayaan masyarakat atas atau muzakki kepada lembaga zakat semakin besar jadi mereka semakin mempercayakan kedermawanan mereka melalui lembaga-lembaga zakat," jelasnya.

Yusuf mengungkapkan, tidak menurunnya penghimpunan dana zakat oleh lembaga zakat karena pengaruh brand awareness dari lembaga zakat semakin baik. Kalau untuk literasi zakat masyarakat sudah cukup lumayan.

"Kalau literasi zakat menurut saya masyarakat kita untuk kelas atas sudah cukup baik, walaupun memang ada yang kebanyakan memahami zakat hanya sekedar zakat fitrah, kalau kalangan kelas atas rata-rata cukup paham tentang zakat mal dan zakat fitrah," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement