Arab Saudi Investasikan Jutaan Dolar untuk Teknologi Pertanian Vertikal

Senin , 27 Dec 2021, 05:07 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Arab Saudi Investasikan Jutaan Dolar untuk Teknologi Pertanian Vertikal. Ilustrasi pertanian vertikal,
Arab Saudi Investasikan Jutaan Dolar untuk Teknologi Pertanian Vertikal. Ilustrasi pertanian vertikal,

Di Arab Saudi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Nasional untuk Pertanian Berkelanjutan (Estidamah) berencana membentuk kemitraan global dengan para pionir di bidang ini dan memperkenalkan fasilitas pertanian vertikal untuk melokalisasi teknik pertanian modern ini.

 

Terkait

"Selain menjadi sumber tanaman segar bagi penduduk perkotaan khususnya, pertanian vertikal diyakini sebagai sarana menjanjikan menyediakan tanaman untuk mengimbangi peningkatan stabil dari populasi di bumi. Populasi penduduk bumi diperkirakan akan melebihi 9 miliar orang pada 2050," kata Abdulrahman Abdullah Al-Soqeer, anggota fakultas di Universitas Qasim dan anggota dewan direksi Estidamah, kepada Arab News, dilansir Ahad (26/12).

Al-Soqeer mengatakan pentingnya pertanian vertikal terletak pada ruang kecil yang dibutuhkan, terutama di kota-kota besar yang menyaksikan gelombang besar migrasi. Menurutnya, dua dari setiap tiga orang diperkirakan akan tinggal di daerah perkotaan selama beberapa dekade mendatang.

Selain itu, ia mengatakan keuntungan utama dari pertanian vertikal adalah penyediaan berbagai produk pertanian, terutama sayuran berdaun dan stroberi, di area kecil dan dengan sedikit air serta dengan cara yang ramah lingkungan. Beberapa tanaman dapat diproduksi di lokasi yang dekat dengan konsumen, sehingga mengurangi kebutuhan mengangkut produk melalui cara tradisional yang meningkatkan polutan di kota.

"Pasar global untuk pertanian vertikal berkembang pesat, terutama di beberapa negara maju dengan kepadatan penduduk yang tinggi," katanya.