Kamis 30 Dec 2021 01:54 WIB

Rasulullah Menangis Mendengarkan Bacaan Alquran Seorang Wanita Tua

Nabi Muhammad ﷺ gemar mendengarkan bacaan Alquran.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad ﷺ gemar mendengarkan bacaan Alquran. Beliau juga pernah mendengarkannya dari wanita tua hingga membuatnya menangis. 

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, Dalam Tafsir Ibnu Abi Hatim yang diriwayatkan dengan sanad hasan (yang baik), Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata, 

Baca Juga

“Pada suatu malam, ketika gelap mulai menyelimuti bumi, Rasulullah ﷺ berjalan melintasi gang-gang kota Madinah. Ketika beliau melintasi rumah seorang wanita tua, yang sedang membaca Alquran, beliau menempelkan kepalanya di pintu rumah tersebut dan berusaha mendengarkan bacaannya. Seorang wanita tua, yang dengan kelemahan fisiknya, senantiasa berusaha memudakan jiwanya dan menghidupkan hatinya dengan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Wanita itu berkali-kali membaca ayat,

 

هَلۡ اَتٰٮكَ حَدِيۡثُ الۡغَاشِيَةِؕ

"Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?" (QS Al-Ghasyiyah ayat satu).

Dia sama sekali tidak merasa bahwa Rasulullah ﷺ sedang mendengarkan bacaanya. Beliau menangis dan berkata, "Benar, itu adalah berita yang sampai kepadaku. Benar, itu adalah berita yang sampai kepadaku."

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement