Selasa 04 Jan 2022 14:12 WIB

Wajah Muslim di Pemerintahan Kota Hamtramck

Kota Hamtramck melantik wali kota muslim pertama dan dewan kota muslim

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
 Kota Hamtramck, Amerika Serikat melantik wali kota muslim pertama dan dewan kota muslim
Foto:

Anggota Dewan Mohammed Hassan berbicara tentang pentingnya walikota dan dewan Hamtramck yang semuanya Muslim, Hassan mengatakan para pemimpin kota hanya akan fokus untuk terus melakukan apa yang baik untuk Hamtramck.

“Di dalam balai kota, kita semua adalah warga negara Amerika Serikat,” katanya.

“Tidak ada agama di dalam balai kota.  Agama harus di gereja, masjid, pura.  Setelah itu, kami semua adalah warga Hamtramck.  Kami adalah satu komunitas, kami adalah saudara dan saudari, dan tidak ada yang akan berubah," tambahnya.

Persentase penduduk Muslim di Hamtramck tidak jelas karena sensus AS tidak menanyakan tentang agama. Tetapi perkiraan berdasarkan data sensus leluhur menunjukkan bahwa sekitar setengahnya adalah Muslim.  

Sekitar 25 persen adalah keturunan Arab, kebanyakan dari mereka Yaman, dan tambahan 27 persen adalah keturunan Asia, kebanyakan dari mereka Bangladesh, menurut data sensus 2019.

Hampir semua orang Yaman adalah Muslim, sedangkan orang Amerika Bangladesh di Hamtramck adalah campuran Muslim, Hindu, Budha, dan Kristen. Hamtramck menarik perhatian pada 2015 ketika memilih Dewan Kota berpenduduk mayoritas Muslim pertama.  Populasi kota telah melonjak 27 persen selama dekade terakhir. Alkhaledi Kurnialam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement