Sabtu 08 Jan 2022 02:00 WIB

Tinggalkan Sholat Bertahun-Tahun, Bisakah Diganti atau Qadha?

Ada satu contoh dimana seorang Muslim meninggalkan sholat bertahun-tahun.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Sholat (ilustrasi)
Foto:

Melansir laman askthescholar.com, ulama asal Kanada Syekh Ahmad Kutty mengatakan Islam adalah agama rahmat dan harapan, jadi muslim haeus optimis dan percaya pada janji pengampunan Allah. Dalam firman Allah SWT surat Az Zumar ayat 53 disebutkan,

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Shalat adalah rukun islam kedua yang wajib dijalankan umat Islam. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tidak pernah lalai dalam menunaikan shalat, jika kita melewatkan shalat karena alasan apa pun, kita harus segera shalat tanpa penundaan lebih lanjut. 

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang kesiangan dan meninggalkan shalatnya atau lupa mengerjakannya, maka hendaklah ia shalat segera setelah ia mengingatnya.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement