Rabu 12 Jan 2022 05:25 WIB

Masjidil Haram Bersiap Sambut Lebih Banyak Jamaah

Kepresidenan Masjidil Haram melakukan peningkatan fasilitas bagi jamaah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Masjidil Haram Bersiap Sambut Lebih Banyak Jamaah
Foto: AP/Amr Nabil
Masjidil Haram Bersiap Sambut Lebih Banyak Jamaah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi siap meningkatkan kapasitas operasional aset Masjidil Haram dan fasilitasnya. Menurut Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang diwakili oleh dinas teknis dan operasional, peningkatan fasilitas dilakukan melalui paket pekerjaan terkait teknis dan pelayanan operasional yang diberikan kepada jamaah. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (11/1/2022), meningkatkan kesiapan ini dilakukan untuk menyambut pengunjung di masa mendatang melalui pembaruan elemen listrik, mekanik dan elektronik. Badan urusan Masjidil Haram ini juga telah menyiapkan tempat khusus untuk sholat dan tawaf.

Baca Juga

Ini dilakukan untuk menindaklanjuti pelaksanaan perintah kerja untuk mengoperasikan dan memelihara sistem elektronik, listrik dan mekanik di Masjidil Haram dan fasilitasnya. Kepresidenan berupaya menutupi semua pekerjaan pemeliharaan di Masjidil Haram melalui beberapa persiapan rencana.

Di antaran persiapan itu adalah inspeksi 8.000 speaker, 32 ribu unit penerangan, 200 eskalator, 259 alat pemadam kebakaran, tangki air berkapasitas 1.500 meter persegi, 3.400 toilet, dan sistem sterilisasi dan pendingin untuk air zamzam.

 

Sebelumnya, Wakil Kepala Departemen Pengairan Zamzam untuk layanan dan urusan lapangan Badr Al-Luqmani mengatakan di Masjidil Haram juga telah disediakan robot pintar yang akan mendistribusikan air zamzam. Robot tersebut akan diperbanyak untuk bisa membagikan air zamzam kepada jemaah masjid maupun jemaah umroh.

Robot pintar akan dapat mendistribusikan 30 botol per putaran, dengan setiap putaran berlangsung selama 10 menit. Robot pintar akan beroperasi selama delapan jam sekali dan membutuhkan waktu 20 detik untuk memuat botol air Zamzam. 

Al Luqmani menambahkan robot pintar tidak akan bertabrakan atau menghalangi janaah. Robot juga telah menerima banyak sertifikat persetujuan termasuk sertifikat CS eropa.

 

https://saudigazette.com.sa/article/615727/SAUDI-ARABIA/Grand-Mosque-in-Makkah-ups-readiness-to-receive-worshippers

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement