Mengenal Festival Seni Pertunjukan Gunung Qimam

Jumat , 14 Jan 2022, 22:00 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Festival Rakyat Sajikan Harta Karun Kuno di Barat Daya Saudi
Festival Rakyat Sajikan Harta Karun Kuno di Barat Daya Saudi

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Festival Seni Pertunjukan Gunung Qimam menyajikan seni kuno yang telah dilestarikan di wilayah pegunungan tersebut. Festivak itu merupakan kegiatan pameran seni rakyat Saudi yang kaya akan kegiatan dan budaya. Acara ini berlangsung di wilayah Asir, dari 9 hingga 15 Januari.

 

Terkait

Dilansir di Arab News, Kamis (13/1/2022), festival ini berlangsung di istana Bin Mushait, Abu Sarrah dan Qasr Malik. Seorang pemandu wisata nasional, Khaled Al-Took, menyebut arsitektur istana-istana ini memiliki kualitas khas seperti yang dapat ditemukan dalam seni rakyat setempat.

Baca Juga

Pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan seni, termasuk tarian rakyat dan malam puisi, membeli kerajinan rakyat, serta mencicipi makanan tradisional. Mereka juga dapat menyaksikan tarian selamat datang yang telah lama digunakan para penari Asir, khususnya untuk menyambut penari dari tempat lain dalam tradisi lokal kuno.

“Festival akan membantu mempromosikan seni populer ini, menghubungkan generasi muda dengan warisan mereka dan memotivasi mereka agar berpartisipasi dengan bangga,” kata Al-Took.

Pengunjung disebut dapat mempelajari tarian gunung dengan ritme dan melodi yang berbeda, bahkan dapat ikut bersenang-senang.