Kamis 20 Jan 2022 03:09 WIB

Bedakah Surga Orang Soleh dengan Surga yang Pernah Dihuni Nabi Adam AS?

Apakah beda surga orang soleh dengan surga yang pernah dihuni Nabi Adam AS?

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Surga
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Nabi Adam AS sebagaimana yang jamak diketahui umat Muslim, dikeluarkan dari surga kemudian diturunkan ke bumi. Namun, muncul pertanyaan, apakah surga yang kelak dimasuki orang-orang sholeh itu sama dengan surga yang pernah ditempati Nabi Adam AS?

Ulama Mesir, Syekh Muhammad Abu Bakar menjelaskan, surga yang nantinya dihuni oleh orang-orang sholeh itu berbeda dengan surga yang dihuni oleh Nabi Adam AS. "Surga di mana Nabi Adam AS bukanlah surga yang dimasuki hamba yang sholeh," tutur dia seperti dilansir laman Masrawu, Rabu (19/1).

Baca Juga

Lebih lanjut, Syekh Abu Bakar mengungkapkan, Allah SWT membangun surga khusus untuk Nabi Adam AS sebagai tempat latihan baginya. Sebab, surga sejatinya adalah kekal sehingga ketika orang sholeh dimasukkan ke dalamnya maka ia tidak akan keluar dari surga tersebut.

Hal itu sebagaimana firman Allah SWT: "Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya." (QS Al-Hijr ayat 48)

Surga yang kekal itu, terang Syekh Abu Bakar, tidak akan pernah bisa dimasuki setan. Di dalamnya juga tidak terdapat kemaksiatan dan kesengsaraan. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya kamu tidak akan kelaparan di dalamnya dan tidak akan telanjang. Dan sesungguhnya kamu tidak akan merasa dahaga dan tidak (pula) akan ditimpa panas matahari di dalamnya". (QS Thaha ayat 118-119)

Syekh Abu Bakar juga menyampaikan, salah satu berkah terbesar yang dilimpahkan Allah SWT kepada Nabi Adam AS di surga adalah ketenangan pikiran. Karena hal ini ditegaskan dalam dua ayat pada Surah Thaha itu.

Lantas, apa saja yang ada di dalam surga kelak?

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement