Komnas Haji Nigeria Temui Kemenlu Bahas Penangguhan Penerbangan Arab Saudi

Rabu , 19 Jan 2022, 13:11 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Subarkah
Jamaah haji shalat di depan Ka
Jamaah haji shalat di depan Ka

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Ketua Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON), Alhaji Zikrullah Kunle Hassan, melakukan kunjungan lanjutan kepada Menteri Luar Negeri, Dubes Zubairu Dada, Selasa (18/1). Pertemuan dilakukan membahas akhir masa penangguhan penerbangan dari Nigeria ke Arab Saudi.

 

Terkait

Pada 8 Desember 2021, Otoritas Umum Arab Saudi untuk Penerbangan Sipil, (GACA) mengumumkan penangguhan penerbangan dari Nigeria ke Arab Saudi untuk alasan yang tidak disebutkan dalam surat edaran. Tetapi, hal ini diyakini terkait manifestasi Covid- 19 varian Omicron di Nigeria.

Dilansir di Blue Print, Rabu (19/1), Ketua NAHCON memuji Kementerian Luar Negeri atas upayanya mengakhiri penangguhan oleh otoritas Saudi. Ia mengingat fakta beberapa Muslim telah membayar untuk umrah yang sedang berlangsung dan secara tradisional, jumlahnya meningkat selama Ramadan.

Ketua Alhaji Hassan lantas menyatakan harapannya agar penangguhan ini dapat dicabut pada waktunya, sehingga memungkinkan warga Nigeria berpartisipasi dalam haji 2022 jika terbuka untuk peziarah asing.

Tak hanya itu, ia juga memuji upaya Gugus Tugas Presiden untuk Covid-19 dalam upayanya membatasi penyebaran virus tersebut. Keputusan yang dibuat telah menyebabkan negara-negara lain melarang kedatangan Nigeria dan beberapa negara Afrika Selatan dengan alasan yang sama, hingga saat ini.

Dalam reaksinya, Dubes Dada optimistis respon positif atas isu tersebut akan segera datang dari otoritas Arab Saudi.  

https://www.blueprint.ng/nachon-chair-meets-minister-over-saudi-flight-suspension/

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini