18 Tahun Lalu, Robot Pencari Air NASA Mendarat di Mars

Selasa , 25 Jan 2022, 18:00 WIB Reporter :Fergi Nadira/ Redaktur : Agung Sasongko
Robot penjelajah Mars NASA (ilustrasi)
Robot penjelajah Mars NASA (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON - Tepat 25 Januari 2004, kendaraan atau robot penjelajah NASA akhirnya mendarat di permukaan planet Mars.  Seperti dilansir laman BBC History, Selasa (25/1), robot penjelajah yang diberi nama Opportunity mendarat pada pukul 05.05 setelah melakukan perjalanan dari Bumi selama enam bulan.

 

Terkait

Opportunity mendarat di sisi berlawanan dari tempat penjelajah sebelumnya bernama Spirit tiga pekan sebelumnya. Setelah awalnya mengirimkan kembali foto-foto berwarna yang mencolok dari permukaan Mars, robot penjelajah Spirit mengalami kesulitan dan berhenti bekerja sama sekali sepekan lalu.

Baca Juga

Ilmuwan luar angkasa mengatakan, mereka membuat kemajuan dalam memperbaiki penjelajah itu. Namun itu bisa memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk memperbaikinya.

Sementara itu Opportunity mendarat di dataran datar yang mulus di ketinggian tertinggi yang pernah dicoba oleh NASA. Robot beroda enam itu mengirimkan gambar dari lokasi pendaratannya yang menunjukkan lanskap yang tidak dikenal, dan sebagian besar tanpa fitur kecuali singkapan batuan dasar yang mencolok di dekatnya.

"Ini adalah tempat asing yang indah, dunia yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata peneliti NASA, Professor Steve Squyres.