Rabu 26 Jan 2022 04:19 WIB

Menelusuri Jejak Sistem Pemanas di Istana Ishak Pasha Era Ottoman

Peneliti meyakini ada jejak sistem pemanas sentral di Istana Ishak Pasha Ottoman.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Istana Ottoman (ilustrasi)
Foto:

Para peneliti percaya bahwa mereka juga telah menemukan jejak sistem pemanas sentral yang kompleks di istana bersejarah, yang terletak di wilayah dengan kondisi musim dingin yang keras.

Profesor Yakup Karataş, kepala departemen sejarah di Fakultas Sains dan Sastra Universitas Agri Ibrahim Cecen, mengatakan, Istana Ishak Pasha adalah salah satu karya terpenting yang mencerminkan arsitektur istana periode Ottoman. Dia mengungkapkan, perdebatan tentang apakah istana dipanaskan dengan sistem pemanas sentral masih berlangsung.

"Apakah sistem pemanas sentral diterapkan dalam geografi yang sulit seperti itu adalah masalah kontroversial. Dalam pengamatan kami di istana, kami telah melihat keberadaan tungku pemanas individu di setiap kamar kecil," jelasnya 

"Tetapi selama penelitian kami, terutama di bagian harem istana dan pemandian, kami menemukan jejak sistem pemanas sentral yang terbatas. Disimpulkan bahwa dugaan terkait masalah ini bukan tanpa dasar. Meskipun sulit untuk mengklaim bahwa seluruh istana dipanaskan dari satu sumber, dapat dikatakan bahwa bagian-bagian tertentu dari istana termasuk dalam sistem pemanas sentral atau diubah menjadi sistem pemanas sentral," tambahnya.

Dalam tradisi negara Ottoman, pembangunan istana atau arsitektur publik tipe istana di luar ibu kota tidak diperbolehkan, itulah sebabnya Istana Ishak Pasha adalah struktur yang sangat penting.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement