Senin 31 Jan 2022 22:00 WIB

Godaan Iblis dalam Perkara Thahara

Ada banyak cara dilakukan iblis guna menggoda manusia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Berwudhu
Foto:

Ada yang meninggalkan shalat berjamaah disebabkan hujan rintik, karena khawatir mengenai pakaiannya. 

Talbis Iblis lainnya terhadap mereka adalah di dalam perkara niat shalat. Di antara mereka ada yang melafalkan niat dengan berucap: “Saya akan melaksanakan shalat ini,” lalu dia mengulanginya sebab  mengira niat itu batal. Padahal niat tidaklah akan bisa batal, meski tidak diiringi dengan ucapan. 

Ada lagi yang bertakbir kemudian membatalkannya, kemudian bertakbir lagi lantas membatalkannya kembali, kemudian jika imam telah ruku barulah orang yang terkena penyakit waswas ini bertakbir lalu ruku mengikuti imam. 

Mereka yang terjangkiti penyakit waswas lainnya ada yang sampal bersumpah dalam hati atas nama Allah: “Tidak, saya sudah bertakbir tadi.” Serta di antara mereka ada yang sampai bersumpah di dalam hati atas nama Allah untuk melepaskan hartanya atau menjatuhkan talak. Ini semua merupakan talbis Iblis. 

Syariat Islam adalah syariat yang sangat toleran, penuh dengan kemudahan, pun bebas dari segala penyakit itu. Semua ini tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah ﷺ  maupun para Sahabat beliau. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement