Kamis 03 Feb 2022 09:55 WIB

Cara Mengajarkan Anak Mengenakan Hijab

Bukan hal yang mudah mengajarkan anak-anak mengenakan hijab.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
 Sejumlah anak belajar memakai jilbab syar

1. Do'a

Sesering mungkin, mintalah kepada Allah untuk selalu menjaga anak-anak dan keluarga menjalani kehidupan yang benar, termasuk semua persyaratan pakaian dan perilaku Islami.

2. Mulailah memperkenalkan hijab sejak usia sangat muda, dan jaga agar tetap positif.

Beritahukan kepada anak-anak bahwa pakaian dan perilaku yang sopan adalah karena Allah, untuk mencintai dan menaati-Nya dan untuk mendapatkan pahala-Nya.

3. Jangan menggunakan hijab sebagai alasan agar laki-laki tidak tergoda

Banyak orang mengatakan dengan perempuan memakai hijab artinya dia tidak akan menggoda laki-laki. Padahal dalam Islam, laki-laki dan perempuan sama- sama diperintahkan untuk bersikap sopan.

Laki-laki harus menundukkan pandangan dan berpakaian dan bertindak dengan tepat. Perempuan juga diharuskan berperilaku sopan, diwajibkan untuk menutupi tubuh dan rambut mereka. Baik laki-laki maupun perempuan harus melakukan tindakan ibadah ini untuk mematuhi dan menyenangkan Allah.

Dengan pola pikir proaktif ini, perempuan mengambil kepemilikan atas ibadahnya. Dia tidak dipaksa, diancam, atau ditakuti untuk melakukannya.

4. Jika Anda seorang ibu, bibi, atau nenek, kenakan jilbab Anda dengan bangga, penuh pengetahuan, dan optimisme.

Berpakaianlah dengan tepat tetapi juga dengan perawatan diri. Seseorang bisa menjadi sederhana sambil tetap terlihat anggun dan nyaman. Karena anak perempuan akan memperhatikan hal sekecil apa pun seperti, ketika jilbab itu membuatnya terlihat kuno atau gemuk 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement