Keluarga Hindu Asal Bangladesh Rawat Masjid di India Lebih dari 50 Tahun

Ahad , 06 Feb 2022, 03:47 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tedjomukti/ Redaktur : Agung Sasongko
Pemilik lahan Partha Sarthi Basu (berbaju putih) berada di depan masjid yang dirawat keluarganya selama 50 tahun di Barasat, West Bengal, India.
Pemilik lahan Partha Sarthi Basu (berbaju putih) berada di depan masjid yang dirawat keluarganya selama 50 tahun di Barasat, West Bengal, India.

IHRAM.CO.ID,   KOLKATA -- Sebuah keluarga Hindu asal Bangladesh merawat dan memperbaiki sebuah masjid berusia 500 tahun. Keluarga tersebut tiba di India pada datang ke India di tahun 1964.

 

Terkait

Melansir laman indiatoday.in, Sabtu (5/2/2022), keluarga Bose menceritakan kisahnya saat awal dia datang ke India. Dipak Bose (74 tahun), putra Ishwar Nirod Bose, menceritakan bagaimana keluarga Bose mengambil alih masjid, memperbaiki, dan merawatnya sejak 1964.

Baca Juga

"Saya berusia 14 tahun ketika kami tiba di Pakistan Timur sebelumnya karena kerusuhan kemudian ke Barasat dari Khulna, Bangladesh,"ujar dia.

Sesuai hukum yang berlaku saat itu keluarga Hose menukar lahan milik seorang tuan tanah bernama Giasuddin Morol dengan milik keluarga Hose di Khulna. Tanah itu dibeli ayahnya Ishwar Nirod Bose dan diatasnya terdapat bangunan masjid kecil.

"Orang tua saya liberal, mereka percaya bahwa tempat ibadah adalah tempat suci dan harus dihormati . Ibu saya yang pertama menyalakan lampu di masjid ini,"ujar dia.

Sejak Dipak menjadi kepala keluarga, pemeliharaan masjid diserahkan kepada ibunya. Tak hanya merawat masjid, ketika Ramadhan keluarga Bose bersama penduduk muslim selalu berbuka bersama dengan roti.