Rabu 09 Feb 2022 14:20 WIB

Sholat di Atas Sajadah Curian,Bolehkah?

Bagaimana hukumnya jika melaksanakan sholat di atas sajadah curian?

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Sajadah
Foto:

Prof Nadirsyah melanjutkan, pemahaman fikih yang legal-formal pada kelompok pertama dianggap konsisten pada kaidah dan illat hukum, namun sering diprotes sebagai pola kajian hukum yang kering dan kaku. 

Sementara itu, kelompok kedua yang memiliki pemahaman fikih yang melibatkan etika dianggap lebih bermoral dan sesuai dengan hikmatut tasyri’, namun sering diprotes sebagai kajian yang melebar dan mencampuradukkan dua kajian yang berbeda serta batasan moralnya menjadi kabur.

“Akibat pendekatan yang terlalu formalistik maka seringkali kita temui orang yang rajin shalat tapi pembohong kelas berat, atau rajin pergi ke tanah suci tapi korupsi jalan terus, atau mereka yang bersorban dan bergamis tapi sibuk mencari perempuan ke tempat tertentu, dan paradoks lainnya,” jelas dia.

“Jadi, terkesan Islam hanya berkisar soal akidah dan syari’ah, dan lupa bahwa sejatinya nabi Muhammad diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia,” imbuh dia.

Jika kelompok pertama dianggap sebagai legalis-formal dan elompok kedua dianggap sebagai legalis-moral, maka di atas keduanya ada lagi kelompok ulama yang tidak hanya legalis, dan moralis tapi juga spiritualis.

“Inilah ulama yang menggabungkan antara dunia fikih, etika dan spiritual,” ucap Prof Nadirsyah.

 

Tapi, tambah dia, kelompok ketiga ini jarang muncul. Kalaupun berhasil menemuinya dan bertanya, apa hukumnya shalat di atas sajadah curian? Beliau akan lama terdiam, lalu menjawab pelan, “Begitu teganya njenengan menanyakan masalah berat seperti itu kepada saya, apa salahku kali ini ya Allah, bukankah telah ku teguhkan berulang-ulang, sungguh sholatku, ibadahku, mati dan hidupku hanya untuk-Mu? Sudah..ambil sajadahku ini, njenengan bawa pulang saja,” kata Gus Nadirsyah menggambarkan jawaban yang diberikan kelompok ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement