Rabu 09 Feb 2022 20:40 WIB

Ambang Pintu Situs Watu Gilang Dirusak

Ambang Pintu Situs Watu Gilang dirusak orang tak bertanggungjawab.

Serpihan tembikar dan beberapa benda purbakala di Pendopo Watu Gilang, Lokasi Situs Mangirejo, Saradan, Madiun, Jatim.
Foto:

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) Imam Mubarok mengatakan dirinya sudah komunikasi dengan dinas terkait termasuk dengan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

"Kami sudah laporkan ini ke dinas (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri) dan Bupati untuk ditindaklanjuti. Ke depannya, kami harapkan ada kerjasama dengan desa. Ini kan sudah ada bangunan tinggal tembok ditinggikan. Nanti juga bisa ada juru kunci," kata Imam.

Ia menduga, kerusakan itu disengaja karena di bagian situs jelas terlihat kerusakannya seperti ada barang tumpul yang sengaja dipukulkan ke situs. Hasilnya, ada bagian batu yang pecah.Namun, kerusakan tidak sampai mengenai angka di batu, yang bertuliskan tahun 1055 dengan bahasa saat itu. Dengan era itu, diketahui bahwa situs ini adalah era peninggalan Sri Bameswara, Raja Kadiri yang memerintah sekitar tahun 1112-1135, sebelum Prabu Joyoboyo.

"Kerusakan di bagian sayap kanan tidak mengenai angka tahun 1055, era peninggalan Sri Bameswara, Raja Kadiri sebelum Prabu Joyoboyo. Disini disebutnya situs Watu Gilang, bentuknya seperti umpak. Ini adalah ambang pintu zaman dahulu," kata dia.

Ia juga mengatakan di situs ini kejadian serupa pernah terjadi. Bahkan, ada laporan batu itu sempat dibawa pulang, tapi tidak tahu kembali lagi ke tempat semula. Selain itu, dulu juga ada beberapa patung, namun kini sudah hilang.

"Laporan Pak Lurah, dulu banyak ditemukan patung, sekarang sudah hilang, makanya ini perlu dijaga," kata Imam Mubarok.

Sementara itu, untuk mencegah kejadian yang sama, kini lokasi itu diberi garis polisi oleh anggota Polsek Kras. Warga yang tidak berkepentingan dilarang menerobos lokasi situs.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement