Senin 21 Feb 2022 19:49 WIB

Sholat tak Khusyuk, Bolehkah Diulang?

Kekhusyukan seorang Muslim dalam menjalani Sholat teramat penting.

Sholat (ilustrasi)
Foto:

Penceramah yang juga pendiri Quantum Akhyar Institut, Ustaz Adi Hidayat, menjelaskan, boleh bagi seorang Muslim mengulang Sholatnya ketika merasa tidak khusyuk sepanjang masih berada di waktu Sholat tersebut. Selain itu, Ustaz Adi menjelaskan, seseorang yang baru menyadari adanya perkara yang membatalkan Sholat ketika waktu Sholat itu telah lewat, boleh mengulang Sholatnya ketika mengingatnya atau ketika saat itu juga.

Ustaz Adi menjelaskan, dalam mazhab Imam Syafi'i ada yang disebut taqribdalam waktu Sholat seperti seseorang yang tengah berada di dalam perjalanan, tetapi dia tidak dapat memastikan pakaiannya bersih atau kotor, terkena najis atau tidak, sedang waktu Sholat sudah masuk. Dalam pertimbangannya, bila melak sanakan Sholat ketika sudah di tempat tujuan, waktu Sholatnya sudah terlewat.

Dalam kondisi demikian, Ustaz Adi mengatakan, ada yang disebut dengan takrim awqati sholat atau memuliakan atau segera menjemput waktu sholat. Orang tersebut dapat melaksanakan sholat pada waktu itu dengan keyakinan yang baik dan ke tika telah sampai di tempat tujuan orang tersebut mengulang lagi Sholatnya.

 Begitu pun ketika seseorang yang menjadi makmum mendapati bacaan imamnya tidak baik karena kondisi tertentu. Menurut Ustaz Adi, mak mum itu diperkenankan mengulang kembali Sholatnya. "Tidak ada masalah, kita sholat merasa kurang khusyuk kurang baik, setelah itu kita mencoba mengulangi, tidak ada masalah.Silakan, tidak ada larangan untuk mengulangi itu," kata Ustaz Adi dalam tanya jawab singkat dalam ka jian daring yang disiarkan di laman resmi Youtube-nya, beberapa waktu lalu.

 

 

sumber : Dialog Jumat
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement