Rabu 02 Mar 2022 01:50 WIB

Terinspirasi Masa Lalu, Seniman Arab Saudi Pindahkan Ukiran Diatas Baru dalam Karyanya 

Terinspirasi Masa Lalu, Seniman Saudi Pindahkan Ukiran Diatas Baru Dalam arab.

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil
Terinspirasi Masa Lalu, Seniman Arab Saudi Pindahkan Ukiran Diatas Baru Dalam Karyanya 
Foto: Arab News
Terinspirasi Masa Lalu, Seniman Arab Saudi Pindahkan Ukiran Diatas Baru Dalam Karyanya 

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Seorang seniman Saudi telah menarik perhatian di media sosial karena karya seni yang disebut "The Founding Heliography". Karya ini dibuat untuk menandai The Founding Daya Arab Saudi. Karya tersebut terinspirasi oleh tulisan batu dan prasasti arkeologi yang ditemukan di berbagai kota Saudi.

Ali Al-Sharif mengatakan Arab Saudi adalah tempat lahirnya peradaban yang telah dibangun di Jazirah Arab. Wilayah kerajaan adalah penerima utusan ilahi yang meninggalkan warisan yang menggemakan kehidupan zaman di mana mereka hidup. Dia juga mengatakan warisan ini tidak didokumentasikan di atas kulit atau di atas kertas, melainkan diukir di atas batu.

Baca Juga

"Saya punya dua hobi," katanya. “Yang pertama adalah kecintaan saya pada arkeologi dan yang kedua adalah kecintaan saya pada seni rupa dari sekolah yang berbeda, seperti realisme, seni abstrak dan grafiti sejak usia dini," ujarnya seperti dilansir dari laman Arab News, Selasa (1/3/2022).

“Lukisan batu dan ukiran peradaban itu adalah alasan mengapa saya mengembangkan keterampilan dan hobi saya untuk bepergian ke luar kerajaan," tambahnya.

 

Dia mengatakan dia belajar secara otodidak dan menggunakan teknik arkeologi canggih untuk melestarikan gambar dan ukiran. Dia mengatakan bahwa seni baru ini disebut "Sekolah Grafiti 3D."

“Saya memindahkan lebih dari 123 lukisan dan prasasti batu secara tiga dimensi agar terlihat dan menonjol di luar lukisan batu itu,” katanya.

Dalam karyanya "The Founding Heliography" ia menggunakan simbol-simbol yang ditemukan di bebatuan di kerajaan yang mengacu pada peradaban prasejarah yang hidup di Jazirah Arab.

Dia mengatakan bahwa ini mewakili zaman kuno di mana orang Arab kuno hidup dan yang berkontribusi pada pembentukan kepribadian pendiri Raja Abdulaziz.

“Ini memungkinkan kami untuk belajar tentang kehidupan mereka, kekuatan kepribadian mereka, dan cara para penguasa negara Saudi menavigasi kehidupan terlepas dari kesulitannya, karena kehidupan mereka menjadi warisan di kemudian hari,” ungkapnya.

Dia juga menyatakan para penguasa awal adalah pemimpin di segala bidang. Mereka berusaha untuk mencapai kemakmuran bagi rakyat mereka dan penerus mereka yang telah mengabadikan sejarah kerajaan.

“Karya saya adalah pesan untuk generasi sekarang dan yang akan datang untuk melestarikan warisan orang tua dan kakek-nenek mereka dengan cara yang mencerminkan rasa kebangsaan,” ujarnya.

Ia mengatakan “The Founding Heliography” merupakan lambang dari tiga abad sejak berdirinya negara.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement