Jumat 01 Apr 2022 18:52 WIB

Tradisi Ramadhan di Tengah Modernisme Kuwait

Kuwait memiliki tradisi Ramadhan unik yang telah dijalankan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Jalan utama kosong setelah wafatnya Syekh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah di Kuwait City, Kuwait pada 30 September 2020. Emir Kuwait, Syekh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah telah meninggal dunia pada tanggal 29 September 2020 di usia 91 di Amerika Serikat. Kuwait mengumumkan 40 hari berkabung resmi dan libur tiga hari resmi mulai Selasa 29 September 2020, setelah kematian Syekh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah. Sheikh Nawaf al-Ahmed dilantik sebagai Emir baru Kuwait pada Majelis Nasional di Kota Kuwait pada 30 September 2020.
Foto:

Tradisi Ramadhan lainnya yang masih berjalan adalah Girgian. Girgian diperingati setiap tanggal 13, 14 dan 15 Ramadhan, ketika anak-anak melakukan aksi 'trick or treat' untuk mengumpulkan permen dan kacang dari pintu ke pintu.

Ada alasan mengapa Girgian dirayakan di tengah bulan lunar. Di Kuwait, saat zaman pra-minyak dan pra-listrik, bulan purnama akan memberikan penerangan bagi anak-anak yang berjalan dengan susah payah melintasi lingkungan.

Menurut sejarawan dan astronom Kuwait, Saleh Al-Ojairi, kata Girgian berasal dari kata gargaa, yang mengacu pada suara dentang keras yang terdengar ketika pot rumah yang terbuat dari logam dipukul.

Hari ini, Girgian telah dikomersialkan secara menyeluruh. Penganan sederhana dahulu kala digantikan oleh cokelat gourmet dan kacang eksotis, yang disimpan dalam tas dan kantong bermerek yang seringkali lebih mahal daripada isinya.

Tak hanya itu, orang tua juga membuat tas terpisah dengan nama anak-anak mereka tercetak di atasnya, bahkan mencoba untuk mengalahkan keluarga lain dalam membuat tampilan yang paling eksklusif.

Selanjutnya, kegiatan yang dilakukan dalam menyambut Ramadhan adalah Ghabqa, yaitu pertemuan keluarga dan teman di malam hari bulan Ramadhan. Seperti Girgian, ghabqa saat ini lebih condong pada urusan perusahaan mewah yang mengundang klien dan karyawan bersama dengan keluarganya untuk bersenang-senang dan berpesta di malam hari.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement