Selasa 26 Apr 2022 08:51 WIB

Doa Rasulullah Ketika Manasik Umrah Qadha

Nabi Muhammad dan sahabat melaksanakan umroh qadha setelah perjanjian Hudaibiyah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Selama tujuh tahun sebelumnya mereka teralang melakukan salat menurut pimpinan Islam di tempat itu. Kaum Muslimin tinggal selama tiga hari di Makkah seperti sudah di tentukan dalam Perjanjian Hudaibiya, sesudah kota itu dikosongkan dari penduduk. 

Selama tinggal di situ kaum Muslimin tidak mengalami sesuatu gangguan. Kalangan Muhajirin menggunakan kesempatan menengok rumah-rumah mereka dan mengajak pula sahabat-sahabatnya dari pihak Anshar turut menengoknya. 

"Seolah mereka semua penduduk kota yang aman itu," katanya.

Mereka semua bertindak menurut tuntunan Islam, setiap hari menjalankan kewajiban kepada Tuhan dengan melakukan salat dan samasekali menghilangkan sikap tinggi diri, yang kuat membimbing yang lemah, yang kaya membantu yang miskin. Nabi sendiri di tengah-tengah mereka sebagai seorang ayah yang penuh cinta dan dicintai. 

"Yang seorang diajaknya tertawa, yang lain di ajaknya bergurau, tetapi semua yang dikatakannya selalu yang sebenarnya," katanya.

Pada saat itu orang-orang Quraisy dan penduduk Makkah lainnya, dari tempat-tempat mereka di lereng-lereng bukit menyaksikan sendiri pemandangan yang luar biasa dalam sejarah itu. Mereka melihat orang-orang dengan akhlak yang demikian rupa, tidak minum-minuman keras, tidak melakukan perbuatan maksiat, tidak mudah tergoda oleh makanan dan minuman. 

"Kehidupan duniawi tidak sampai mempengaruhi mereka," katanya.

Mereka tidak melanggar apa yang dilarang, mereka menjalankan apa yang diperintahkan Tuhan. Alangkah besarnya pengaruh yang ditinggalkan oleh pemandangan demikian itu, yang sebenarnya telah mengangkat martabat umat manusia ke tingkat yang paling tinggi.

Tidak terlalu sulit orang akan menilai kiranya bila sudah mengetahui, bahwa beberapa bulan kemudian Nabi Muhammad telah kembali lagi dan dapat membebaskan Makkah dengan kekuatan sebanyak 10.000 orang Muslimin. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement