Rabu 11 May 2022 21:12 WIB

Melaka Targetkan Jadi Lokasi Transit Jamaah Umrah Indonesia

Jamaah Umroh asal Indonesia ditargetkan singgah di Melaka.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah jamaah umrah dari Aceh tiba kembali di tanah air melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, Rabu (16/3/2022). Data Kementerian Agama menyebutkan sebanyak 27 ribu lebih orang dari 41 ribu lebih ja­maah umrah dari berbagai daerah di Indonesia telah kembali ke tanah air hingga pertengahan Maret 2022
Foto:

Dalam upaya menghidupkan kembali sektor pariwisata Melaka, BPP juga tengah merancang berbagai paket wisata keluarga dengan harga terjangkau, untuk menarik wisatawan dari seluruh tanah air serta Singapura, Brunei dan Thailand.

Sementara itu, ia menyebut sekitar 200 pelaku sektor pariwisata di Melaka akan didatangkan ke Pekanbaru dan Dumai Indonesia, untuk pembicaraan business-to-business (B2B) dengan pemerintah Republik Indonesia pada akhir bulan ini.

Melalui platform tersebut, setidaknya 180 B2B akan ditandatangani oleh para pelaku industri pariwisata di Melaka. Harapannya, hal ini akan membantu mereka menghasilkan pendapatan yang lebih baik, serta merevitalisasi sektor pariwisata di kedua negara.

“Kami menargetkan minimal satu juta wisman dari Indonesia, dari total target 5,6 juta wisman tahun ini. Sehingga perlu dilakukan promosi yang lebih agresif agar target tersebut bisa tercapai menyusul adanya pandemi Covid-19," ujar dia.

Sebelumnya, para pelaku industri pariwisata di Melaka telah menandatangani 132 MoU selama diskusi B2B di Jakarta. Langkah ini disebut merupakan awal yang sangat baik bagi industri pariwisata di Melaka maupun Malaysia secara keseluruhan.

Selain itu, pemerintah negara bagian juga disampaikan berupaya menjadikan Melaka sebagai tuan rumah Malaysia Film Festival (FFM) Awards ke-32 yang akan berlangsung tahun ini.

“Diusulkan agar festival diadakan di Encore Melaka, namun diskusi akan segera dilakukan dengan National Film Development Corporation of Malaysia (FINAS),” ucapnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement