Senin 16 May 2022 20:00 WIB

Pesona Gothic di Masjid al-Rawdah

Tidak ada kubah di sana, sebagaimana umumnya masjid-masjid di Indonesia.

Masjid al Rawdah, Conneticut, AS.
Foto:

Bicara tentang toleransi, lokasi Masjid al- Rawdah menyimbolkan hal itu. Tempat ibadah Muslim tersebut bertetangga dengan Gereja First United Methodist serta Gereja Kristus Meriden di sebelah barat. Warga non-Muslim juga biasa menghadiri acara open mosqueyang digelar pihak takmir setempat.

Masyarakat umat agama- agama di negara bagian ini juga tergabung dalam Komisi Connecticut untuk Hak dan Kesempatan Asasi Manusia (Connecticut Commission on Human Rights and Opportunities/CHRO). Menurut Cheryl A Sharp dalam artikelnya, Sweet Land of Liverty: Islamophobia and the Treatment of Muslims in the State of Connecticut (2012), salah satu fokus kerja komisi tersebut adalah melawan dan menanggulangi islamofobia.

Masjid al-Rawdah terdiri atas tiga lantai dan sebuah basement. Jamaah biasa melaksanakan shalat di ruangan lantai satu. Adapun lantai kedua dan ketiga masing-masing diperuntukkan bagi tempat pengajian anak-anak dan gudang penyimpanan. 

Seperti umumnya bangunan bergaya gotik, Masjid al-Rawdah memiliki jendela yang besar dan berujung lancip. Begitu pula dengan bagian de pannya yang menampilkan lengkungan runcing (pointed arch), salah satu kekhasan arsitektur dari Eropa barat itu. Sesungguhnya, Barat mengadopsi seni rancang-bangun pointed arch dari Andalusia atau Spanyol Islam. Corak gotik sendiri lahir akibat kebosanan para seni man Renaisans terhadap arsitektur abad pertengahan.

Ciri gotik lainnya yang terdapat pada Masjid adalah bagian yang menyerupai menara dengan atap tersendiri. Kompleks masjid itu mungkin terlalu luas bagi Muslimin Meri den, Connecti cut Selatan, yang berjumlah puluh an kepala ke luarga. Namun, inilah tempat mere ka berinteraksi dan memusatkan kegiatan ke islaman.

 

Seperti baru-baru ini, pihak takmir menggelar perayaan khataman Alquran. Anak-anak Muslimin setempat juga diberi penghargaan, khususnya mereka yang berhasil menghafalkan Kitab Suci 30 juz.

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement