Calon Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat 12 Juni

Kamis , 26 May 2022, 22:55 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Sejumlah jamaah calon haji asal Hulu Sungai Selatan dan Banjarmasin berjalan memasuki pesawat saat keberangkatan kloter pertama di Bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa (9/7/2019). Calon Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat 12 Juni
Sejumlah jamaah calon haji asal Hulu Sungai Selatan dan Banjarmasin berjalan memasuki pesawat saat keberangkatan kloter pertama di Bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa (9/7/2019). Calon Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat 12 Juni

IHRAM.CO.ID, BANJARMASIN -- Jamaah haji kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin yang meliputi jamaah dari Tabalong, Balangan, dan Banjar akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 12 Juni 2022.

 

Terkait

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin jamaah haji yang tahun ini diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Banjarmasin meliputi 2.482 orang. Mereka terdiri atas 1.743 orang asal Kalimantan Selatan dan 739 orang asal Kalimantan Tengah.

Baca Juga

"Ini terbagi pada tujuh kloter, empat kloter penuh dari Kalsel, dua kloter penuh dari Kalteng, dan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalteng," katanya, Rabu (25/5/2022).

Jamaah dalam kloter 1 meliputi warga asal Tabalong, Balangan, dan Banjar; jamaah dalam kloter 2 terdiri atas warga Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjar, dan Banjarbaru; dan kloter 3 meliputi jamaah haji dari Hulu Sungai Utara, Tapin, Barito Kuala, dan Banjarmasin.

Kloter 4 mencakup jamaah haji dari Tanah Laut, Kotabaru, Tanah Bumbu, dan Banjarmasin; kloter 5 dan kloter 6 meliputi jamaah dari Kalimantan Tengah; serta kloter 7 meliputi jamaah dari Kalimantan Selatan (Banjar dan Banjarmasin) dan Kalimantan Tengah.

Tambrin mengatakan tujuh kloter jamaah asal Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Jamaah dalam kloter 1 sampai 5 dijadwalkan berangkat pada gelombang pertama. Jamaah dalam kloter 6 dan 7 dijadwalkan berangkat pada gelombang kedua.

"Secara garis besar pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji dibagi menjadi dua gelombang. Jemaah haji gelombang pertama akan mendarat di bandara Madinah dan pemulangan melalui bandara Jeddah," kata Tambrin.

Jamaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua akan mendarat di Jeddah dan dipulangkan melalui Madinah. Sesuai ketentuan dari Direktorat Jendera lPenyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, setiap kloter jamaah yang diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin beranggotakan 360 orang yang terdiri atas 356 orang calon haji dan empat orang petugas kloter (satu ketua kloter, satu pembimbing ibadah, dan dua petugas kesehatan).

Tambrin mengatakan pemerintah daerah sudah mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi. "Kemenag Kalsel telah melakukan koordinasi melalui beberapa kali rapat dengan stakeholder (pemangku kepentingan), di antaranya PT Angkasa Pura, KKP, Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan, dan alhamdulillah semuanya sudah melakukan persiapan sesuai bidangnya," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini